Toko Online Modul Ajar Kurikulum Merdeka Lengkap dengan ATP, CP, Promes, Prota, KKTP, Data Nilai, dan Daftar Hadir

Tips Mengajar - Guru Harus Kreatif dalam Mengajar

Jual Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Tips Mengajar - Guru Harus Kreatif dalam Mengajar Siapa bilang mengajar itu mudah. Mendidik siswa bukanlah perkara yang gampang, diperlukan kemampuan dan kesabaran yang tinggi, apalagi dalam satu kelas tidak hanya ada satu tipe anak didik melainkan berbgai macam karakter yang berbeda pada setiap siswa. Ada siswa yang baik, penurut, pendiam mudah memahami, ada juga yang aktif bertanya dan penasaran dengan materi yang diajarkan, dan tidak sedikit siswa yang suka usil dan suka protes terhadap guru. Yang demikian inilah yang memerlukan keuletan dan kesabaran guru dalam mendidik siswanya.

Mendidik anak yang penurut, pintar, mudah memahami yang disampaikan guru, mungkin tidak terlalu sulit bahkan mungkin sangat gampang dan menjadikan guru senang dalam mengajar. Namun disamping siswa yang baik tersebut pasti ada siswa yang kebiasaannya usil dan mengganggu temannya, walaupun dia pintar tetap saja mendatangkan kejengkelan kepada sang guru. Terlebih jika yang suka usil itu adalah anak yang kurang cepat dalam memahami, pasti akan membuat pusing gurunya. Di sinilah kesabaran seorang guru diuji.

Membuat susana kelas yang nyaman dan betah murid merupakan tugas dan kewajiban guru agar siswa bisa mengikuti pelajaran dan memahaminya dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan munculnya indikator pada setiap peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru harus kreatif dalam mengajar. Menurut Kak Seto, menjadi guru profesional berarti harus sekaligus menjadi ilmuwan, komedian, seniman, pendongeng, bahkan pesulap. Guru, menurut Seto, bertanggungjawab membuat anak senang untuk belajar, sehingga perlu menempuh cara-cara yang kreatif.

Tips Mengajar - Guru Harus Kreatif dalam Mengajar

Menurut Seto Mulyadi yang akrab dipanggil Kak Seto "Jika perlu sering latihan menyanyi, agar bisa menyanyi ketika diminta siswa, sehingga mereka bisa mencontohnya".

Dalam hal ini guru dituntut untuk bisa mengikuti keadaan siswanya saat belajar, tapi bukan berarti tidak punya ketegasan. Guru harus tetap tegas dan juga luwes, jangan terlalu jaga image, buatlah guru bisa diterima oleh siswanya. Guru harus kreatif dalam mengajar, dengan demikian diharapkan siswa bisa mengikuti apa yang diajarkan olehnya dengan nyaman dan bisa menerima ilmu yang disampaikan dengan tetap hormat pada gurunya.

Tips mengajar tentang Guru harus kreatif dalam mengajar ini hanyalah sekedar informasi belaka. Bagi Anda guru-guru yang sudah malang melintang dalam mendidik siswa bukanlah tips yang penting, ini hanyalah sebuah catatan kecil bagi guru-guru yang belum berpenglaman saja. terima kasih  


Sudah tersedia juga Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk SMP dan SMA yang bisa Anda pesan, dengan pengiriman bisa via email atau WhatsApp

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Tersedia

Jika Anda menggunakan Handphone, klik tombol ini untuk pesan via WhatsApp

Belanja RPP di tokopedia
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mengajar - Guru Harus Kreatif dalam Mengajar

RPP-Silabus.Com menyediakan:

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Lengkap dengan ATP, KKTP, CP dll

Modul Ajar Kurikulum Merdeka telah tersedia untuk Anda para pengajar yang membutuhkan. untuk keperluan mengajar ataupun untuk memenuhi kelen...