Toko Online Modul Ajar Kurikulum Merdeka Lengkap dengan ATP, CP, Promes, Prota, KKTP, Data Nilai, dan Daftar Hadir

Menertibkan Siswa Saat Belajar

Jual Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Menertibkan Siswa Saat Belajar adalah kewajiban seorang guru, karena jika siswa tertib maka mereka bisa mendapatkan ilmu yang disampaikan oleh gurunya. Namun jika tidak tertib bagaimana bisa mereka mendapatkan ilmu, yang ada hanya kegaduhan dan pasti ada siswa yang ingin belajar sungguh-sungguh menjadi pusing karena terganggu oleh temannya yang tidak tertib. Terkadang kita dihadapkan pada permaslahan pengelolaan kelas yang akan mendasar sebelum memulai aktifitas belajar. Pertama kali yang harus dilakukan guru adalah bagaimana guru dapat mempersiapkan siswa untuk belajar yang kondusif. Dalam belajar kondusif sebenarnya konsepnya mudah. Pusatkan perhatian siswa pada guru, heningkan siswa untuk memulai kalimat awal memulai pembelajaran.

Karena bagaimanapun juga secerdas apapun dan sekreatif apapun kemampuan guru namun proses belajar tidak akan berjalan lancar dan kondusif apabila siswa masih banyak mengobrol dengan temannya, usil sesama teman, bahkan siswa masih belum duduk siap dengan perlengkapan belajarnya. Hal yang terkadang dilupakan dalam pengelolaan kelas adalah bagaimana cara kita menyelesaikan masalah tersebut. Meskipun pada awal belajar kondusif namun bagi siswa mereka akan cepat  mudah terpengaruh konsentrasinya sehingga mengobrol di dalam kelas tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu Menertibkan Siswa Saat Belajar adalah sebuah keharusan dan merupakan kewajiban guru.

Menertibkan Siswa Saat Belajar

Di bawah ini terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendukung proses belajar siswa yang efektif:
  1. Gunakan perintah sederhana untuk membuat sikap siswa terfokus cara yang pertama dapat menggunakan kalimat “Persiapkan buku dan alat tulis untuk memulai belajar, dan duduk siap.” atau “Hitungan ke 3 semua siswa harus diam, dan dengarkan bapak/ibu”,  “Pembelajaran akan dimulai siapkan alat tulis dan buku, duduk siap dan tidak ada yang berbicara kecuali bapak/ibu”
  2. Gunakan perintah seperti halnya ancaman yang edukatif. Hal ini dapat dilakukan manakala guru sedang menjelaskan materi. Semisal “Tidak ada penjelasan ulang untuk materi saat ini, dan apabila ada pertanyaan tidak akan di jawab”. Tindakan ini dapat diartikan sebagai cara untuk mengelola kelas supaya siswa dapat fokus dengan materi yang diajarkan. Dalam point kedua siswa dilatih untuk dapat bertanggungjawab dan sadar diri bahwa perlunya mengikuti belajar dengan baik tanpa gangguan mengobrol dan keributan yang mengganggu belajar siswa.
  3. Berikan kesempatan pada siswa untuk mengemukakan gagasan dan adakan tanya jawab. Cara ke tiga dilakukan untuk memberikan waktu dimana guru menjelaskan dan siswa memperhatikan, dan dimana siswa yang berbicara sedangkan gurunya yang mendengarkan.
Itulah beberapa diantaranya kiat kiat agar guru menertibkan siswa saat belajar di kelas. Semoga bermanfaat.


Sudah tersedia juga Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk SMP dan SMA yang bisa Anda pesan, dengan pengiriman bisa via email atau WhatsApp

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Tersedia

Jika Anda menggunakan Handphone, klik tombol ini untuk pesan via WhatsApp

Belanja RPP di tokopedia
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menertibkan Siswa Saat Belajar

RPP-Silabus.Com menyediakan:

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Lengkap dengan ATP, KKTP, CP dll

Modul Ajar Kurikulum Merdeka telah tersedia untuk Anda para pengajar yang membutuhkan. untuk keperluan mengajar ataupun untuk memenuhi kelen...