Toko Online Modul Ajar Kurikulum Merdeka Lengkap dengan ATP, CP, Promes, Prota, KKTP, Data Nilai, dan Daftar Hadir

Tahap Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Jual Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Tahap Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 - Bagi tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) dengan Kurikulum 2013 menggunakan model Pembelajaran Tematik terpadu. Model pembelajaran tematik terpadu ini diawali dengan pendekatan tematis yang menjadi acuan dasar dalam menyiapkan bahan dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Tema yang diciptakan bisa mengikat kegiatan pembelajaran, pada satu mata pelajaran pun demikian juga antarmata pelajaran.
Pembelajaran Tematik Terpadu memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut:

  • Bersifat luwes
  • Hasil pembelajaran berkembang dengan keinginan serta kebutuhan siswa
  • Pembelajaran berpusat pada siswa
  • Memberi pengalaman langsung
  • Konsep dari berbagai mata pelajaran dikemas dan di suguhkan dalam satu pembelajaran
  • Pemisanan antar mata pelajaran eksplisit
Lalu bagaimana tahapan pembelajaran tematik ini? Agar lebih jelasnya begini, Tahap-tahap pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
  1. Menentukan tema. Dalam menentukan tema ini siswa boleh dilibatkan dalam menentukan tema.
  2. Mengintegrasikan tema yang sudah disepakati dengan kurikulum yang berlaku, dan yang penting adalah mengedepankan dimensi sikap, pengetahuan dan keterrampilan dalam belajar.
  3. Merancang rencana pembelajaran. Pada tahap ini yang harus diutamakan adalah mencakup pengorganisasian sumber dan aktivitas ekstrakurikuler dalam rangka mendemonstrasikan kegiatan yang ada dalam tema.
  4. Aktivitas kelompok dalam diskusi. Pada tahap kelima ini semua komponen baik guru maupun siswa mendapatkan peluang masing-masing untuk berpartisipasi dan mampu mencapai berbagai sudut pandang dari tema. Hal ini tentu saja akan membangun guru dan peserta didik dalam pengeksplorasian subjek.
Diyakini bahwa Pembelajaran Tematik terpadu ini adalah salah satu model pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran ini sanggup menampung dan menyentuh dengan cara terpadu berbagai dimensi emosi, fisik, dan juga dimensi akademik.
Tahap Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Sifat yang dimiliki Pembelajaran tematik terpadu ini dapat memandu atau mengarahkan siswa untuk mendapatkan kemapuan berpikir tingkat tinggi atau higher levels of thinking pun demikian  keterampilan berpikir dengan memaksimalkan kecerdasan ganda atau yang dikenal dengan multiple thinking skills.

Siswa kelas awal atau kelas 1 dan 2 cara berpikirnya adalah dengan cara holistik atau menyeluruh/satu kesatuan. Siswa pada periode ini belum memiliki kemampuan untuk memahami konsep secara abstrak. Pembelajaran tematik terpadu ini sangat bermanfaat dalam mengajar siswa pada kelas awal, karena dapat membuat suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan bagi mereka. Mereka diikutsetakan dalam kelompok kerjasa sama, kolaborasi, kelompok belajar dan pemecahan konflik yang mendorong mereka untuk mampu memecahkan masalah mereka secara kerja sama dan mereka gembira dan menyenanginya.


Sudah tersedia juga Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk SMP dan SMA yang bisa Anda pesan, dengan pengiriman bisa via email atau WhatsApp

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Tersedia

Jika Anda menggunakan Handphone, klik tombol ini untuk pesan via WhatsApp

Belanja RPP di tokopedia
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tahap Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013

RPP-Silabus.Com menyediakan:

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Lengkap dengan ATP, KKTP, CP dll

Modul Ajar Kurikulum Merdeka telah tersedia untuk Anda para pengajar yang membutuhkan. untuk keperluan mengajar ataupun untuk memenuhi kelen...