RPP Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2016 Lengkap dengan PROTA, PROSEM, KIKD, Alokasi Waktu dan perangkat pembelajaran lainnya

Lirik lagu Manuk Dadali untuk Guru SBK

Manuk Dadali yang artinya burung garuda yang menjadi lambang negara Indonesia. Lagu Manuk Dadali diciptakan oleh Sambas Mangundikarta. Lagu manuk dadali ini bernafaskan nasionalisme, yang melukiskan keperkasaan dan kegagahan burung garuda yang paling perkasa di antara burung-burung lainnya sebagai lambang kejayaan Indonesia. Lagi ini masih populer sampai sekarang, siaran-siaran radio di Jawa barat.

Lagu “Manuk Dadali” ini sering dinyanyikan di acara seremonial seperti acara wisudaan, Expo sekolah yang suka diadakan setahun sekali, atau dalam kegiatan budaya sunda, biasanya lagu ini menjadi favorite, selain bernafaskan nasionalisme lagu ini juga enak didengar apalagi sambil dibarengi oleh tarian.

Pencipta lagu Manuk Dadali


Siapa yang menciptakan lagu manuk Dadali? Tak lain adalah Sambas Mangundikarta seorang jurnalis dan juga seorang seniman kelahiran Bandung pada tanggal 21 September 1926.  Belum ada sumber yang pasti tanggal dan tahun penciptaan lagu ini, yang jelas lagu manuk dadali sangat pupuler mulai tahun 1962 yang memuncaki tangga lagu di Radio Republik Indonesia (RRI), yang saat itu merupakan radio ternama di jagad parahyangan.

Sambas Mangundikarta lahir 21 September 1926 dan meninggal pada 30 Maret 1999 merupakan  seorang pembawa acara di radio dan televisi selain itu ia juga seorang penulis lagu berbahasa Sunda. Ia berasal dari sebuah kota besar yang menjadi Ibukotanya Jawa Barat yaitu Kota Bandung. Pada mulanya ia aktif sebagai komentator siaran olahraga di RRI, dan semakin terkenalnya ia kemudian pindah ke stasiun telebisi nasional yaitu TVRI pada tahun 1962 semakin lama karirnya di bidang penyiaran yang ia gemari semakin naik daun dan langsung terjun di bidang penyiaran terutama sepak bola dan bulu tangkis, kemudian ia juga lantas membawakan acara Dari Desa Ke Desa, sebuah acara TVRI yang menyiarkan keberhasilan pada penduduk di berbagai desa, pada usaha mereka masing-masing dari mulai pertanian, budidaya, dan industri desa, yang dimaksudkan untuk menginspirasi setiap penontonnya untuk bekerja dan kreatif. Lagu ciptaan Sambas Mangundikarta ternyata bukan hanya manuk Dadali tapi juga ada Pileuleuyan, Peuyeum Bandung dan Pepeling Bubuy Bulan.

Lirik lagu Manuk Dadali untuk Guru SBK

Makna yang terkadung dalam Lagu Manuk dadali adalah melambangkan kegagahan Indonesia sebagaimana gagahnya burung dadali yang di artikan burung garuda. Diantara berbagai burung manuk dadali adalah burung yang paling gagah dan paling tangguh. Manuk dadali diyakini sebagai Burung garuda yang menjadi lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Anda mengajar SBK di SD atau SMP yang sedang mencari lirik lagu Manuk Dadali karena tidak hafal atau lupa lirik lagunya, Silahkan copy saja. Dan silahkan didownload videonya di bawah ini.

Baca juga: Pentingnya Pendidikan bagi Manusia

Manuk Dadali

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang
Meberkeun jangjangna bangun taya karingrang
Sukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk
Ngapak mega bari hiberna tarik nyuruwuk

Saha anu bisa nyusul kana tandangna
Gandang jeung pertentang taya bandingannana
Dipikagimir dipikaserab ku sasama
Taya karempan kasieun leber wawanenna

chorus
Manuk Dadali manuk panggagahna
Perlambang sakti Indonesia Jaya
Manuk Dadali pangkakon carana
Resep ngahiji rukun sakabehna

Hirup sauyunan tara pahiri-hiri
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk dadali ngandung siloka sinatria
Keur sakumna Bangsa di Nagara Indonesia


Download videonya berikut ini,


 

Manuk Dadali dalam Bahasa Indonesia Lagu

terbang melesat tinggi jauh diangkasa
merentang kan sayap nya tanpa ragu
kukunya panjang dan paruh nya melengkung
nyongsong langit dengan cergas terbang nya.

siapa yang bisa menyaingi keberaniannya
gagah perkasa tanpa tandingan
dihormati dan disegani oleh sesama
tanpa ragu tanpa takut,besar nyalinya

REFF:
burung garuda burung paling gagah
lambang sakti indonesia jaya
burung garuda paling tersohor
senang bersatu rukun semuanya

hidup berhimpun tanpa saling iri
saling menyayangi tak sungkan membela
burung garuda adalah lambang kesatriaan
untuk seluruh bangsa dinegara indonesia


Jika Anda ingin mendownload lagu ini silahkan copy link URL nya >>
https://youtu.be/h8EnOozXkBw dan paste di www.en.savefrom.net kemudian download. Lebih cepat lagi downloadnya menggunakan Internet download manager.

Pemesanan RPP
Bagi Anda yang hendak memesan Produk CD RPP SILABUS , Silahkan cek harganya di halaman PRODUK dan HARGA , lalu isi Form Pemesanan atau hubungi langsung Call Center kami:
Call/SMS/WA: 089690874570
Powered byEMF Web Form
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lirik lagu Manuk Dadali untuk Guru SBK

RPP-Silabus.Com menyediakan:

Tersedia Lengkap RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Kami menyediakan RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 khusus bagi Anda yang belum sempat membuat perangkat pembelajaran termasuk RPP disebab...