RPP Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2016 Lengkap dengan PROTA, PROSEM, KIKD, Alokasi Waktu dan perangkat pembelajaran lainnya

Sertifikasi Guru Tahun 2012 Bukan Hal Mudah

Sebuah informasi yang di muat dalam Kompas online www.edukasi.kompas.com menjelaskan bahwa Tidak Semua Guru dapat Mengikuti PLPG.

PLPG ini ada lah salah satu tahap yang harus dilalui guru untuk mendapatkan sertifikasi, bagi sebagian guru mungkin mudah dalam menjalani tahap-tahap sertifikasi guru ini namun bagi kebanyakan sungguh melelahkan. Bahkan banyak guru yang sudah bertahun-tahun mengajar namun belum juga mendapatkan NUPTK, Dengan demikianlah penulis menyimpulkan Sertifikasi Guru Bukanlah Hal yang Mudah.

Berikut adalah berita dari kompas:


JAKARTA, KOMPAS.com- Lebih dari 32 ribu guru yang tidak lulus pada Uji Kompetensi Awal (UKA) sedang menjalani pendidikan dan latihan (diklat) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Akan tetapi, tidak semua peserta diklat tersebut dapat mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Sertifikasi Guru Tahun 2012 Bukan Hal Mudah

"Kalau mereka memenuhi standar nilai yang ditentukan di diklat, maka mereka dapat langsung mengikuti PLPG 2013. Namun, mereka yang tidak lulus wajib mengikuti UKA kembali di tahun 2013," ungkap Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengambang Sumber Daya Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan, Kemdikbud, Unifah Rosyidi, di Jakarta, Jumat (3/8/2012).

Seperti diketahui, UKA merupakan merupakan salah satu tahap yang harus diikuti oleh semua calon peserta sertifikasi guru 2012. Adapun tujuan UKA tersebut untuk mengetahui kemampuan dasar serta profesionalisme seorang guru yang akan mendapatakan sertifikasi.

Bagi calon peserta sertifikasi guru yang lolos dalam UKA, dapat mengikuti PLPG. Di akhir PLPG, peserta akan diberikan uji kompetensi akhir, yang menentukan lulus tidaknya guru mendapatkan sertifikat pendidik. Sedangkan bagi yang tidak lolos UKA, diberikan pembinaan dan diklat sehingga dapat mengikuti UKA pada tahun berikutnya.

Unifah menuturkan, dalam diklat tersebut terdapat dua penilaian, yakni penilaian akan proses selama mengikuti diklat dan penilaian akhir. Menurutnya, semua program tersebut dilakukan untuk melihat kinerja guru, sehingga dapat dijadikan momen untuk mendongkrak kompetensi dan profesionalitas tenaga pendidik.

"Penilaian proses itu untuk mengetahui daya serap guru terhadap materi yang disajikan, selama mengikuti diklat. Untuk penilaian akhir, nantinya akan dilakukan tes tertulis secara nasional," terangnya.

Disebutkan, jumlah guru yang mengikuti UKA pada bulan Februari lalu sebanyak 281.019 peserta. Dari jumlah tersebut, 32.226 peserta dinyatakan tidak lulus, dan harus mengikuti pembinaan. Rata-rata, mereka yang tidak lulus adalah guru mata pelajaran matematika dan guru SD.

Unifah berharap, Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK) penyelenggara PLPG dapat segera menyampaikan nama-nama guru yang lulus, dan berhak mendapatkan sertifikat pendidik.

"Kami harap September LPTK sudah memberikan nama-nama guru yang lulus, sehingga bisa cepat selesai dan diproses," pungkasnya.

Sumber: kompas 

Pemesanan RPP
Bagi Anda yang hendak memesan Produk CD RPP SILABUS , Silahkan cek harganya di halaman PRODUK dan HARGA , lalu isi Form Pemesanan atau hubungi langsung Call Center kami:
Call/SMS/WA: 089690874570
Powered byEMF Online Order Form
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sertifikasi Guru Tahun 2012 Bukan Hal Mudah

RPP-Silabus.Com menyediakan:

Tersedia Lengkap RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Kami menyediakan RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 khusus bagi Anda yang belum sempat membuat perangkat pembelajaran termasuk RPP disebab...