Mohon perhatian!!! Sebelum Anda memesan, silahkan cek terlebih dahulu produk yang tersedia di halaman PRODUK dan HARGA

Apa Saja Persiapan Seorang Guru Menjelang Awal Tahun Pelajaran atau Pergantian Semester?


Guru adalah sebuah amanah. Kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru seperti kegiatan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh, ulama, pemimpin-pemimpin besar, bahkan bagaikan tugas seorang wali. Begitu sangat mulia.

Namun akan halnya tugas yang mulia tersebut seharusnya juga disikapi dengan baik pula, tidak asal-asalan, “Yang penting ngajar, anak tidak ramai dengan memberi tugas melalui soal-soal dalam buku kumpulan soal”. Itulah tugas rutin yang dijalani panutan murid ini.

Seiring dengan UU Guru dan Dosen yang menyatakan bahwa guru adalah pekerjaan profesi yang sudah bergulir sekian tahun, dan moment Hari Guru maka sudah saatnya guru bangkit dari mimpi indahnya….menikmati gaji besar….tunjangan besar….kebangkitan yang dimaksud bukan bangkit “nambah hutang”, tetapi bangkit bagaimana berupaya memberikan apa yang terbaik untuk generasi penerus bangsa dengan memberikan bimbingan-bimbingan yang terarah, tauladan-tauladan yang baik, dan kegiatan-kegiatan belajar yang bermanfaat bagi siswa untuk bekal masa-masa yang akan datang.

Memberikan bocoran soal, memberikan materi-materi ujian, memberikan nilai yang tidak selayaknya bukannya membantu anak didik menjadi lebih baik tetapi membuat mereka berkarakter “malas”, “njagakno”, dan instan.

Maka untuk menggagalkan terjadinya karakter yang demikian pada siswanya sebaiknya seorang guru sudah mempersiapkan hal-hal yang akan dilaksanakannya pada saat pembelajaran nanti.

Persiapan-persiapannya antara lain :
  1. Menganalisis Kalender Pendidikan dari Dinas Kota atau Dinas Provinsi
  2. Menyiapkan Program Tahunan, Program Semeter tiap-tiap mata Pelajaran yang diampunya
  3. Menyiapkan Silabus dan RPP sesuai dengan tugas mengajarnya
  4. Menyiapkan berbagai bentuk penilaian
  5. Menyiapkan soal-soal ulangan harian dan alternatif soal Remidial dan Pengayaan
  6. Menyiapkan bahan-bahan pelajaran sesuai dengan materi yang akan disampaikan
  7. Menyiapkan peta kelemahan dan kelebihan yang dimiliki setiap siswa
  8. Merencanakan tujuan-tujuan yang hendak dicapai, dll.
  9. Menyiapkan alat dokumentasi pembelajaran
  10. Mengupgrade pengetahuan
  11. Mengevaluasi setiap akhir proses pembelajaran melalui pembuatan Karya Ilmiah


Dari perencanaan-perencanaan di atas penulis berkeyakinan bahwa siswa akan menjadi lebih bermakna dalam belajar jika seorang guru mampu memanajemen waktu dan pekerjaannya dengan baik dengan tujuan untuk memperbaiki potensi sumber daya manusia pada masa yang akan datang melalui generasi-generasi penerus bangsa yaitu siwa-siswa.

sumber: http://paksunaji.wordpress.com ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Kini telah tersedia CD RPP Silabus Kurikulum 2013 silahkan detailnya lihat di halaman Produk dan harga di dalamnya sudah lengkap segala yang Anda butuhkan. Atau kunjungi website www.rppkurtilas.com
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel Terkait